Bandar Sakong

Bandar Sakong

Wednesday, May 31, 2017

Letusan Lahar Gunung Sinabung Sampai desa Sukatendel!




INI FAKTA - lahar dingin dari Gunung Sinabung, kini melanda Desa Sukatendel, Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. banjir lahar dingin tersebit dipicu oleh tingginya curah hujan yang melanda Karo pada Selasa (30/5). Bandar Domino Online

Menurut keterangan yang dipaparkan oleh Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo Natanail Perangin-angin, rabu (31/5), warga sempat merasa khawatir. Akibat banjir lahar dingin tersebut, jalur utama masuk desa sempat dialihkan.


Banjir lahar dingin Gunung Sinabung yang melanda Desa Sekatendel terjadi sekitar pukul 18.00 WIB. sebelumnya, desa tersebut tidakpernah dialiri banjir lahar dingin saat hujan dengan intensitas sedang atau tinggi. Domino Online


Terkait dengan banjir lahar dingin dari Gunung Sinabung ini, Natanail kemudian mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa waspada dan siaga. Terutama di desa-desa yang kawasan atau sungainya yang menjadi aliran banjir lahar dingin.

Sejauh ini menurut keterangan dari Natanail, tidak ada korban jiwa. Ia meminta warga tetap waspada. Ada zona yang ditetapkan dan tidak boleh dilanggar.

Selain banjir lahar dingin, dalam beberapa pekan terakhir ini Gunung Sinabung juga terus menunjukkan aktivitas dengan menyemburkan abu vulkanik disertai dengan gempa guguran pada Jumat (26/5) lalu.

Menurut penjelasan dari Ketua Pos Pengamatan Gunung Api Sinabung, Armen Putra, sekitar pukul 11.00 WIB, Gunung Sinabung melepaskan abu vulkanik setinggi 1.300 meter.

Kemudian pada hari Sabtu, 20 Mei 2017, Gunung kembali meletus dengan intensitas tinggi. Tinggi kolom abu letusan mencapai empat kilometer, amplitude 120 milimeter, dan lama gempa vulkanik 343 detik.

Gunung  Sinabnung pada Sabtu 20 Mei 2017 lalu memang terus menunjukkan aktivitas vulkanik. Sehingga Kepala BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengimbau masyarakat setempat dan pengunjung untuk tidak melakukan aktivitas radius 3 kilometer dari puncak. DominoQQ Online

Tak hanya radius tersebut, masyarakat dan pengunjung juga disarankan untuk tidak beraktivitas dalam jarak 7 kilometer sektor Selatan-Tenggara, pada jarak 6 kilometer sektor Tenggara-Timur, dan jarak 4 kilometer sektor Utara-Timur.

Akibat tingginya aktivitas gunung dalam beberapa pekan terakhir tersebut, sejumlah kawasan Berastagi diselimuti debu. Maka dari itu BPBD Karo gotong roy0ng guna membersihkan abu vulkanik. Agen Domino Terpercaya

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com