Bandar Sakong

Bandar Sakong

Sunday, May 7, 2017

KISAH BURUH MIGRAN ERIN CIPTA, MENJAGA KEWARASAN DENGAN MENULIS


INI FAKTA - Pada usia yang tak lagi muda, 32 tahun, Erin Cipta terpaksa meninggalkan suami dan dua putrinya untuk menjadi tenaga kerja wanita (TKW) di Kota Taipei, Taiwan. Kondisi ekonomi keluarga yang terpuruk karena bisnis pengemasan jamu gulung tikar membuat warga Desa Karangjati, Kecamatan Sampang, Kabupaten Cilacap pergi dari kampungnya pada 2012 silam. Bandar Domino Online

Tiga tahun di negeri berjuluk Formosa yang berarti pulau indah itu, perempuan 38 tahun ini bercerita selama 2 tahun tak pernah seharipun merasakan libur. Bekerja sebagai perawat pasangan lansia ternyata tak sekadar berurusan menyiapkan makanan, obat-obatan dan keperluan majikan. Dituntut siaga 24 jam, Erin mesti melakukan pekerjaan-pekerjaan fisik domestik.

"Hal paling melelahkan yang saya ingat saat jelang imlek. Setiap hari saya hanya bisa tidur dua jam. Selebihnya 22 jam berurusan dengan bersih-bersih rumah," kenangnya saat ditemui merdeka.com di kediamannya di Sampang, Cilacap, Sabtu (7/5). Domino Online
Tak terhindarkan, kelelahan fisik dan tekanan batin sebab lebih banyak beraktivitas di dalam rumah jadi duka lara tak terperikan. Penghiburannya di dalam kamar, hanya membaca dan menulis yang seakan-akan menghubungkannya dengan dunia luar. Bermajinasi merangkai cerita ia katakan untuk menjaga akal sehat.

"Menulis bagi saya untuk menjaga kewarasan. Tidak lebih," kata Erin.

Erin sejak kecil memang telah terbiasa menulis untuk menumpahkan perasaan-perasaanya. Pilihannya menulis fiksi, awal mula didorong ayah dan kakaknya yang memang bergelut dalam kesenian. Di Taiwan, dalam kesendiriannya, Erin melakukan hal sama dan tak diduga membuat kebermaknaan hidup jauh menjadi lebih berarti.

Pada 2014, Erin mengikuti lomba sastra bagi imigran yang diadakan Kementerian Tenaga Kerja Taiwan. Cerita pendeknya yang dia ikut sertakan berjudul "Yen Feng dan Carlos" terpilih sebagai karya terbaik. Erin berhak mendapat Merit Award menyisihkan penulis berstatus imigran lain dari berbagai negara.
Saya masih ingat, itu bulan Agustus. Hari itu libur pertama saya, karena saya diijinkan majikan untuk datang ke penyerahan penghargaan. Majikan saya sempat berkata, ternyata saya memiliki kemampuan di luar kerja fisik," kenang Erin. DominoQQ Online

Setahun kemudian, 2015, Erin kembali menyabet penghargaan yang sama untuk cerita pendeknya berjudul "Lelaki Pemberani di Jiangzicui". Di tahun ini pula, kontraknya kerjanya usai dan Erin memilih pulang ke kampung halaman berniat menggiatkan gerakan membaca di desa-desa. Erin di kediamannya, lalu membuat perpustakaan sembari mengembangkan cerpen "Yen Feng dan Carlos" menjadi novel berjudul "Carlos" yang belum lama ini diterbitkan sebagai buku di awal tahun 2017.

"Novel itu hampir 70 persen, adalah bagian peristiwa yang saya alami di Taiwan. Cerpen yang lantas jadi novel ini, adalah cara saya menjaga kewarasan saat dihadapkan pada situasi ketika saya masih menjadi TKI. Menulis satu-satunya hiburan saya," kata Erin menutup perbincanganSaya masih ingat, itu bulan Agustus. Hari itu libur pertama saya, karena saya diijinkan majikan untuk datang ke penyerahan penghargaan. Majikan saya sempat berkata, ternyata saya memiliki kemampuan di luar kerja fisik," kenang Erin.

Setahun kemudian, 2015, Erin kembali menyabet penghargaan yang sama untuk cerita pendeknya berjudul "Lelaki Pemberani di Jiangzicui". Di tahun ini pula, kontraknya kerjanya usai dan Erin memilih pulang ke kampung halaman berniat menggiatkan gerakan membaca di desa-desa. Erin di kediamannya, lalu membuat perpustakaan sembari mengembangkan cerpen "Yen Feng dan Carlos" menjadi novel berjudul "Carlos" yang belum lama ini diterbitkan sebagai buku di awal tahun 2017.

"Novel itu hampir 70 persen, adalah bagian peristiwa yang saya alami di Taiwan. Cerpen yang lantas jadi novel ini, adalah cara saya menjaga kewarasan saat dihadapkan pada situasi ketika saya masih menjadi TKI. Menulis satu-satunya hiburan saya," kata Erin menutup perbincangan.  Agen Domino Terpercaya

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com