Bandar Sakong

Bandar Sakong

Friday, March 30, 2018

Makna Tusuk Sate Di Gedung Sate Bandung



INI FAKTA - Bandung memanglah kota dingin yang indah serta menentramkan. Di sana banyak keseruan untuk keseruan yang dapat kita temukan. Tidak cuma wisata berbelanja, wisata alam maupun wisata kuliner dan edukasi saja. 

Ada satu icon lagi di Bandung yang sangat layak jadi kunjungan wisata kita. Icon ini adalah Gedung Sate Bandung. Tentu sudah pernah mendengar nama Gedung Sate Bandung kan? 

Ya, nampaknya icon Bandung ini bukan bangunan asing lagi. Namanya begitu familiar di kota Bandung. Tetapi banyak orang yang mendengar nama Gedung Sate Bandung namun salah kaprah mengartikannya. 

Banyak yang masihlah berfikir kalau Gedung Sate Bandung ini merupakan tempat wisata kuliner di mana disana dijajakan bermacam macam kuliner sate yang tasty dan cocok pokoknya di kunjungi para pengagum sate. Sesungguhnya bukanlah itu arti dari Gedung Sate Bandung. 

Ingin tahu apa arti yang sesungguhnya dari Gedung Sate Bandung? Gedung Sate Bandung adalah sebuah gedung yang berdiri gagah di Jalan Diponegoro Bandung. Gedung Sate Bandung ini sekaligus jadi simbol kota Bandung dibuat pada tahun 27 Juli 1920. 

Pada awalnya Gedung Sate Bandung ini diberi nama GB atau Gedung Gebe. Gebe mempunyai sebuah arti. Apakah artinya? 

Berarti Gebe ini yaitu singkatan dari Gouvernments Bedrijven. Awalnya Gedung Gebe ini dibangun jadi pusat dari pemerintahan Hindia Belanda yang menetapkan Bandung jadi ibu kota pemerintahan. Itulah mengapa Belanda membangun Gedung Gebe ini di Bandung. 

Tetapi lama kelamaan seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat tak akan mengenal tempat ini dengan Gebe namun demikian lebih di kenal dengan nama Gedung Sate. Lalu, apa yang menjadi latar belakang dari penamaan Gedung Sate oleh masyarakat ini? 

Satu alasan kenapa Gedung Gebe ini kemudian disebut masyarakat dengan Gedung Sate yaitu karna ada simbol menyerupai tusuk sate di puncak bangunan Gebe. Simbol mirip tusuk sate ini adalah simbol dengan 6 ornamen berupa jambu air. 

Material tusuk sate serta jambu air ini berbahan perunggu yang mempunyai warna hijau. Material tusuk sate serta jambu air dengan 6 ornamen ini sesungguhnya memiliki makna. Maknanya yaitu biaya pembangunan dari Gedung Sate ini. 

Ya, cost pembangunan Gedung Sate ini dulunya yaitu sebesar 6 juta gulden. Itulah biaya yang di keluarkan oleh pemerintah Hindia Belanda dalam pembangunan Gedung Sate Bandung. 

Gedung Sate di Bandung yang dibuat pada 27 Juli 1920 ini di buat oleh tim Hindia Belanda yang diketuai oleh Kolonel Purnawirawan VL Stors. Dulunya Gedung megah ini dibangun melibatkan sekitar 2000 pekerja serta 150 orang yang merupakan pengukir batu nisan serta pengukir kayu kebangsaan China, sisanya adalah masyarakat pribumi yang dipaksa untuk kerja rodi pada masanya. 

Itulah sebenarnya arti dari Gedung Sate Bandung yang sampai sekarang ini banyak penyebutan yang salah kaprah.






                              Agen Poker Dan Agen DominoQQ Terpercaya Indonesia
Tersedia 7 permainan popular untuk anda mainkan : AduQ, Bandar Poker, BandarQ, Capsa Susun, Domino 99

Poker dan Sakong.
Support Bank Lokal Indonesia (BCA, BRI, BNI, Mandiri, Danamon) Proses Deposit dan Withdraw Super Cepat!!

* Bonus Turnover Mingguan 0,5%
* Bonus Referal 20%

Minimal Deposit Rp 20.000| Minimal Withdraw Rp 20.000
* LIVECHAT : Hitsbandar.com | Agen Poker | Agen Domino | Poker Online Terpercaya
* YM : HITSQQ
* BBM : 7A96E4DA
* LINE : hits99
DAFTARKAN DIRI ANDA SEKARANg!!!
SALAM HOKKY!!!
Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com