Bandar Sakong

Bandar Sakong

Saturday, May 18, 2019

5 Rempah dan Tanaman Ini Digunakan Masyarakat India untuk Obati Penyakit



INI FAKTA - Di India, tanaman, bumbu, serta rempah-rempah seringkali dipakai untuk mengobati penyakit serta menjaga kesehatan tubuh. India memang mempunyai sejarah panjang tentang penggunaan bahan alami untuk mengobati penyakit. Bandar Domino Online

Dikutip dari South China Morning Post, tanaman-tanaman yang digunakan dalam pengobatan Ayurveda (obat tradisional India) yaitu bawang putih, jahe, kunyit, kelor, serta ginseng. 

Ada keyakinan jika penyakit bisa di kaitkan dengan pola kebiasaan dalam proses berpikir, kesehatan emosi, serta preferensi makanan. 

Ahli gizi serta penulis buku Ultimate Grandmother Hacks: 50 Kickass Traditional Habits for a Fitter You, Kavita Devgan menyampaikan jika dirinya percaya rempah-rempah India serta tumbuhan yang diolah khusus bisa menyembuhkan berbagai penyakit. 

"Sayuran serta kecambah hijau mempunyai vitamin B serta E, yang membantu pencernaan dan membantu mengeluarkan asam dari tubuh. Misalnya, rumput barley membantu memperbaiki alkalinitas serta meningkatkan metabolisme serta sistem kekebalan tubuh," tutur Kavita. Berikut lima tanaman penyembuh yang dipakai masyarakat India: 

1. Kunyit 
Kunyit selalu memiliki tempat utama di masala dabba atau wadah khusus rempah yang seringkali ditemukan di restoran atau dapur masyarakat India. Kunyit dianggap suci, karena sering ada dalam sesaji untuk para dewa. Rempah ini sering di oleskan pada kulit pengantin baru. 

Manfaat lain dari kunyit bubuk dapat dipakai untuk menyembuhkan penyakit pilek serta batuk. Caranya, kunyit bubuk diaduk bersama dengan susu hangat dan diminum sebelum tidur. 

Lalu, akar kunyit segar bisa diawetkan dalam garam dan bubuk cabai. Kunyit dibahas dalam buku Turmenic, The Wonder Spice yang ditulis oleh sejarawan makanan, Colleen Taylor Sen. 

Dalam buku, ditulis jika kunyit dipakai dalam penyembuhan penyakit paru-paru, diabetes, aterosklerosis, serta infeksi bakteri oleh masyarakat India, China, serta Indonesia. 

2. Kelor 
Masyarakat India sudah bertahun-tahun memakai kelor pada masakan mereka. Biasanya, daun kelor di masak dalam kuah atau bumbu, serta dimakan dengan nasi. 

Ada pula yang digoreng sampai garing untuk membuat chutneys (sejenis saus bumbu ala India) kering. Bisa juga di campur dengan rempah-rempah serta kelapa untuk chutneys basah. 

Menurut penelitian yang dilakukan oleh World Vegetable Center di Taiwan, pohon kelor mempunyai nilai gizi tertinggi di antara 120 makanan yang di teliti. 

"Pada 100 gram daun kelor segar ada lebih banyak protein dibanding telur, lebih banyak zat besi dibanding steak, lebih banyak vitamin C dibanding jeruk, serta lebih banyak kalsium dibanding segelas susu," ujar penulis buku mengenai kelor, Solomon Ternder. 

Tidak hanya itu, Ternder mengklaim jika kelor memiliki sifat antibiotik, antimikroba dan antibakteri, serta kandungan vitamin B-nya yang tinggi dapat membantu pencernaan. 

3. Ashwagandha (sejenis ginseng) 
Ginseng India atau disebut ashwagandha (dalam bahasa Sansekerta) mempunyai akar yang beraroma tajam. Masyarakat India percaya jika aroma itu membantu mengembalikan semangat serta kekuatan, merevitalisasi jaringan serta otot, melawan asma, serta mengurangi kolesterol. 

Seorang ilmuwan serta pendiri Institut Ilmu Pengetahuan Spiritual (IOSS) di India, Sri Maa Sidh Sidhshakti Ji mengemukakan jika ginseng bermanfaat untuk tubuh serta otak. Agen Poker Online Terpercaya

"Ginseng mempunyai manfaat meremajakan serta menenangkan pada sistem saraf. Ginseng dipakai secara eksklusif dalam Ayurveda (obat tradisional India), dan merupakan bahan dalam chyawanprash (selai peremajaan kulit yang kaya nutrisi)," tutur Sri Maa. 

Tetapi, Sri Maa memperingatkan meskipun banyak manfaatnya, Anda harus berkonsultasi dengan dokter sebelum memakainya. Ginseng bisa mempunyai efek samping yang cukup parah, seperti diare serta gangguan pencernaan sampai disfungsi tiroid. 

Selain itu, Sri Maa menganjurkan supaya ibu hamil atau ibu menyusui, anak-anak, serta orang dengan penyakit ginjal atau liver harus menghindari tanaman ini. 

4. Bawang Putih 
Bawang putih di India mempunyai kandungan yang kaya vitamin dan mineral. Ini juga jadi makanan yang dapat dipakai sebagai obat untuk meredakan pilek serta demam, menyeimbangkan tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, meningkatkan pencernaan, serta meningkatkan kekuatan tulang. 

"Satu atau dua siung bawang putih yang dihancurkan dengan air serta diminum pada perut kosong berkhasiat untuk mencegah kanker, menurunkan kolesterol, serta melindungi jantung," tutur ahli gizi, Kavita Devgan. 

5. Jahe
Salah satu pengobatan tradisional di rumah tangga yang paling umum adalah jus jahe yang dicampur dengan madu. Pada minuman ini memiliki khasiat untuk meredakan sakit tenggorokan dan batuk. Diketahui bahwa dalam jahe terdapat senyawa bioaktif yang bisa membantu mencegah gangguan pencernaan dan rasa mual. Menurut ilmuwan di India, Sri Maa, jahe juga bermanfaat untuk osteoarthritis.

"Campur jahe, damar wangi, kayu manis, kemudian oleskan ke daerah yang sakit. Untuk menghilangkan rasa sakit, tempelkan jahe panas ke daerah yang dirasa sakit, meski tidak ada kulit yang rusak," ujar Sri Maa.

Dalam pengobatan herbal, peneliti Ann Bode dan Dong Zang mengungkapkan bahwa jahe terbukti efektif sebagai anti-oksidan, agen anti-inflamasi, senyawa anti-mual, dan anti-kanker, dan ada juga efek perlindungan dari penyakit lainnya.


Agen Poker Dan Agen DominoQQ Terpercaya Indonesia

Tersedia  8 permainan yang sangat populer untuk Anda mainkan hanya dengan 1 ID , yaitu: AduQ, Bandar Poker, BandarQ, Capsa Susun, Domino99 ,Sakong dan Bandar66.

Support Bank Lokal Indonesia (BCA, BRI, BNI, MANDIRI, DANAMON)

PROSES DEPOSIT DAN WITHDRAW SUPER CEPAT DAN AMAN!!!

BONUS KAMI PALING BESAR!
*BONUS TURNOVER MINGGUAN 0.5% (Dibagikan Setiap Senin dan Jumat)
*BONUS REFERAL SEBESAR 20%

Minimal Deposit Rp.20.000| Minimal Withdraw Rp.20.000

Hubungi Kami di :

LINK ALTERNATIF: 

| Agen Poker | Agen Domino | Poker Online Terpercaya| Agen Judi Online
LINE : hits99
* YM : HITSQQ
* BBM : 7A96E4DA
*WA : +85511813832
Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com