Bandar Sakong

Bandar Sakong

Saturday, June 1, 2019

Tradisi Lebaran yang Unik yang Ada di Dunia



INI FAKTA - Lebaran, Idul Fitri, atau yang dikenal masyarakat dunia sebagai Eid, adalah hari yang paling dinanti-nantikan oleh umat Islam di seluruh dunia. Bandar Domino Online

Sesudah satu bulan lamanya melakukan ibadah Ramadhan, momentum ini dijadikan sebagai hari kemenangan bagi setiap umat Muslim. 

Dalam menyambut Lebaran, tentu saja ada tradisi-tradisi yang dilaksanakan. Akan tetapi, tiap daerah serta negara mempunyai tradisi yang berbeda-beda untuk menyambut Lebaran atau sesudahnya. Berikut tradisi unik dari masing-masing negara. 

1. Turki (Ramadhan Bayram) 
Tradisi Lebaran juga ada di Turki, namanya Ramadhan Bayram atau Seker Bayrami. Orang Turki biasanya melakukan tradisi ini saat menjelang hari-hari terakhir bulan Ramadhan, sebab sudah mendekati hari libur. 

Ramadhan Bayram identik dengan pembagian manisan, baik itu permen atau coklat. Tradisi yang identik dengan manisan ini jadi begitu ramai saat anak-anak mulai berkunjung ke rumah-rumah. 

Biasanya mereka mencium tangan dari orang yang lebih tua, kemudian baru memberikan coklat tersebut. Tidak cuma untuk kalangan anak-anak saja, peristiwa ini ditujukan kepada sanak keluarga teman sampai tetangga sekitar dalam menyambut Lebaran. 

2. India, Pakistan, Bangladesh (Chand Raat) 
Saat menuju pengujung Ramadhan, wanita di India, Pakistan, serta Bangladesh bersama-sama melakukan tradisi Chand Raat. Tradisi ini identik dengan memberikan warna kepada anggota tubuh. 

Tidak memberikan warna permanen, namun cuma warna yang bertahan sementara. Biasanya yang dicat merupakan bagian kaki serta tangan memakai henna. Lukisan cat berupa ornamen-ornamen unik. Sebelum melakukan tradisi ini, para wanita berbondong-bodong menuju toko untuk membeli henna warna-warni. Saat itu, para wanita juga banyak yang keluar untuk berbelanja. 

Untuk menjaga tradisi ini, pemilik toko akan menghias kios mereka serta membuka toko sampai pagi hari. Kios-kios henna biasanya berdekatan dengan toko perhiasan, sehingga dapat menarik konsumen yang sedang berbelanja sekalian dilukis dengan henna. Tidak cuman melakukan tradisi ini, perempuan membagikan serta bertukar makanan manis 

3. Afganistan (Tokhm-Jangi) 
Umat Muslim di Afghanistan melakukan tradisi unik saat Lebaran. Mereka shalat Ied pada pagi hari serta menyambut kemenangan dengan hal yang bersih serta suci. 

Tradisi unik di Afganistan merupakan Tokhm-Jangi atau lebih dikenal dengan adu telur. Pada momen ini, seseorang berkompetisi saling memecahkan telur rebus. Penanda kalah atau menangnya terlihat saat telur itu pecah, maka seseorang akan kalah. Tradisi ini biasanya dilakukan pada satu tempat tertentu yang diikuti oleh segala usia, baik muda ataupun tua. 

4. Mesir 
Mesir melakukan tradisi Lebaran. Saat hari kemenangan itu datang, umat Muslim melakukan shalat Ied dan bersilahturahmi seperti kebanyakan lainnya.  Agen Poker Online Terpercaya

Tetapi, ada sedikit yang berbeda, yaitu mereka akan berkumpul pada satu tempat serta memakan makanan yang khas dengan Lebaran, yakni Ranja. Makanan ini berasal dari ikan asin serta acar. Momen makan bersama-sama ini adalah upaya untuk mendekatkan bersilahturahmi antar masyarakat di Mesir. 

5. China 
Umat Muslim di China punya tradisi unik untuk menyambut Lebaran. Ada beberapa etnis di China, tetapi yang terkenal banyak Muslimnya merupakan Uyghur atau Hui. 

Keberadaan mereka paling banyak berada di Propinsi Yunnan. Pada momen Lebaran, biasanya umat Muslim China mengunjungi makam dari Sayyid Ajjal Shams Al Din Omar. 

Ia adalah gubernur pertama Yunnan serta mengenalkan Islam pada warganya. Tidak hanya itu, ia tercatat mengajarkan toleransi antar umat beragama. Tidak heran, perannya jadi rujukan para umat Muslim di China. Saat berada di Makam, mereka mendoakan, membaca Al-Quran serta membersihkan makam supaya tetap bersih. 

6. Tunisia 
Negara yang terletak di Afrika ini merayakan tradisi menjelang Lebaran datang. Mereka melakukan shalat Ied serta bersilaturahmi pada keluarga. 

Bedanya, hari kemenangan di Tunisia di isi oleh tari-tarian serta bermain musik. Selain itu momen Lebaran dipakai untuk memakan roti khas, yakni Baklawa serta Kaak. Anak-anak disana memperoleh uang serta makanan setelah shalat Ied. Setelah itu melakukan kunjungan ke rumah orang yang lebih tua untuk bersilahturahmi. 

7. Indonesia (Mudik serta Sungkeman) 
Indonesia mempunyai keragaman adat mudik yang paling banyak. Sebelum Lebaran datang, digunakan untuk perantau kembali ke kampung halamannya. Biasanya momen ini dikenal dengan istilah "Mudik". 

Tidak cuma dilakukan oleh perantau saja, orang-orang kembali ke kampung halaman atau berkunjung ke sanak keluarganya. 

Sesudah shalat Ied, biasanya mereka melakukan sungkeman. Ini adalah tradisi meminta maaf kepada orang yang lebih tua, yang dilakukan dengan cara membungkukkan badan. 


Agen Poker Dan Agen DominoQQ Terpercaya Indonesia

Tersedia  8 permainan yang sangat populer untuk Anda mainkan hanya dengan 1 ID , yaitu: AduQ, Bandar Poker, BandarQ, Capsa Susun, Domino99 ,Sakong dan Bandar66.

Support Bank Lokal Indonesia (BCA, BRI, BNI, MANDIRI, DANAMON)

PROSES DEPOSIT DAN WITHDRAW SUPER CEPAT DAN AMAN!!!

BONUS KAMI PALING BESAR!
*BONUS TURNOVER MINGGUAN 0.5% (Dibagikan Setiap Senin dan Jumat)
*BONUS REFERAL SEBESAR 20%

Minimal Deposit Rp.20.000| Minimal Withdraw Rp.20.000

Hubungi Kami di :

LINK ALTERNATIF: 

| Agen Poker | Agen Domino | Poker Online Terpercaya| Agen Judi Online
LINE : hits99
* YM : HITSQQ
* BBM : 7A96E4DA
*WA : +85511813832
Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com