Bandar Sakong

Bandar Sakong

Thursday, June 13, 2019

Kupat Jembut, Tradisi Nyentrik Syawalan di Semarang



INI FAKTA - Warga Kota Semarang? Jawa Tengah mempunyai cara tersendiri dalam memeriahkan seminggu hari Lebaran atau yang akrab dengan tradisi Syawalan. Mereka serentak berbagi ketupat Lebaran dengan nama unik, yaitu kupat jembut. Bandar Domino Online

Ya, tradisi kupat jembut cuma ada di wilayah pinggiran kota, tepatnya di Kampung Jaten Cilik, Pedurungan, Semarang. 

Meskipun namanya cenderung jorok, tetapi ini sebenarnya ketupat biasa yang berisi sayuran kecambah atau taoge di dalamnya. Tradisi ini banyak diminati anak-anak karena di dalam ketupat diselipkan sejumlah uang. 

warga setempat sudah lama menamai ketupat isi taoge tersebut dengan sebutan kupat jembut. Tradisi itu telah mengakar di Jaten Cilik sejak puluhan tahun lalu atau 1950 yang lalu. 

Tradisi itu datang dari dua sesepuh kampungnya yang hijrah dari Demak ke Pedurungan, Semarang. Keberadaan kupat jembut adalah wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas berkah yang diberikan selama bulan Ramadan. Pembuatan kupat jembut untuk menunjukkan kesederhanaan warga lokal dalam menyambut Syawalan. 

"Ada dua pasangan suami istri yang pindah ke Semarang. Mereka membuka lahan di sini. Sebagai pelopor berdirinya kampung Jaten, mereka lalu membuat sebuah budaya untuk memperingati Syawalan. Salah satunya supaya ketupatnya lebih bergizi, karena itu di isi dengan taoge dan kubis," tutur pria berumur 45 tahun itu.  Agen Poker Online Terpercaya

Cara membuat ketupat ini juga sama seperti ketupat biasanya. Tidak hanya taoge, warga berinovasi memberi isian lombok (cabai), kubis serta parutan kelapa. 

Jelang tradisi Syawalan, mayoritas ibu-ibu kampung Jaten Alit kerap berbondong-bondong membuat ketupat ini semalaman suntuk. 

Dia berharap kupat jembut dapat dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Sehingga dia ingin kupat jembut menjadi salah satu penganan khas Syawalan yang menjadi daya tarik tersendiri di Kota Semarang.


Agen Poker Dan Agen DominoQQ Terpercaya Indonesia

Tersedia  8 permainan yang sangat populer untuk Anda mainkan hanya dengan 1 ID , yaitu: AduQ, Bandar Poker, BandarQ, Capsa Susun, Domino99 ,Sakong dan Bandar66.

Support Bank Lokal Indonesia (BCA, BRI, BNI, MANDIRI, DANAMON)

PROSES DEPOSIT DAN WITHDRAW SUPER CEPAT DAN AMAN!!!

BONUS KAMI PALING BESAR!
*BONUS TURNOVER MINGGUAN 0.5% (Dibagikan Setiap Senin dan Jumat)
*BONUS REFERAL SEBESAR 20%

Minimal Deposit Rp.20.000| Minimal Withdraw Rp.20.000

Hubungi Kami di :

LINK ALTERNATIF: 

| Agen Poker | Agen Domino | Poker Online Terpercaya| Agen Judi Online
LINE : hits99
* YM : HITSQQ
* BBM : 7A96E4DA
*WA : +85511813832
Location: Indonesia

0 comments:

Post a Comment

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.com.com tipscantiknya.com